Wow! Ternyata Roller Blind Memiliki 6 Model yang Bisa Dijadikan Pilihan!

Untuk menciptakan desain ruangan yang menarik, khususnya pada area yang menggunakan jendela kaca, maka dibutuhkan roller blind sebagai tirai pengganti gorden. Selain pengaplikasiannya yang mudah, tirai modern ini memiliki banyak keunggulan salah satunya dari banyaknya model yang bisa menjadi pilihan. Berbagai kelebihan ini bisa menepis anggapan orang yang menganggap penggunaanya dalam ruangan sebagai pemborosan karena pada kenyataannya harga roller blind murah.

6 Model Roller Blind

Banyak yang tidak mengetahui bahwa roller blind memiliki banyak pilihan model yang mengandung ciri khas tersendiri. Hal ini bisa dibedakan dari 3 faktor, yakni berdasarkan bentuk, bahan, serta pencahayaannya, seperti berikut ini.

Berdasarkan Modelnya

Berdasarkan bentuknya, roller blind memiliki 2 model yakni vertikal yang menampilkan garis bujur serta horizontal dengan garis melintang. Kedua model inilah yang menjadi bentuk umum dari semua jenis roller blind.

1. Vertikal Roller Blind

Vertikal Roller Blind

Model vertical memiliki ciri khas yang menonjol dari proses membukanya yang memiliki arah dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Kelebihan dari model ini adalah penegasan garis vertikal yang membuat kesan ruangan terlihat lebih tinggi.

2. Horizontal Roller Blind

Horizontal Roller Blind

Sesuai dengan namanya, roller blind yang berbentuk horizontal memberikan tampilan garis yang melintang. Model ini ketika dibuka akan mengulurkan gorden dari atas ke bawah, sementara jika menutup, maka gorden akan menggulung kembali ke atas.

Berdasarkan Bahan

Setiap distributor yang jual roller blind pasti akan menawarkan beragam bahan dengan segala keunggulannya. Secara umum, jenis tirai ini memiliki 2 model dilihat dari bahan utama yang digunakan untuk membuatnya nya yaitu

1. Kayu / Wooden Roller Blind

Wooden Roller Blind

Model kayu memiliki tampilan yang sangat unik, selain dari kesan natural yang dimiliki, juga  pantulan cahaya matahari yang dibiaskan membuat ruangan berwarna kekuningan. Model kayu ini sangat cocok digunakan bagi anda yang menggunakan dekorasi klasik, ataupun go green yang ramah lingkungan.

2. Kain

Roller Blind Kain

Bahan kain adalah yang paling umum digunakan, namun bahan ini memiliki banyak sekali variasi bahan yang masing-masing memiliki keunggulan. Roller blind model kain sangat cocok bagi anda yang ingin menggunakan motif lebih variatif karena banyaknya warna dan corak yang bisa menjadi pilihan

Berdasarkan Pencahayaan

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, maka filterisasi pencahayaan yang digunakan oleh roller blind memiliki dua model, yakni blackout dan solar screen. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menghalau cahaya matahari dari luar ruangan, namun sifatnya memiliki sedikit perbedaan.

1. Blackouts

Blackouts Roller Blind

Tirai ini memiliki kemampuan memblokir cahaya hingga 100 persen, sehingga cahaya matahari tidak tembus sama sekali dalam ruangan. Produsen yang jual roller blind model blackout bisanya menjadikan kantor sebagai sasarannya, karena ketatnya penjagaan privasi dari ruangan ini

2. Solar Screen

Roller Blind Solar Screen

Berbeda dengan model blackout yang menahan semua cahaya dari laur sehingga tidak tembus pandang sama sekali, maka solar screen bersifat lebih terbuka. Bahan yang digunakan pada tirai ini memang diformulasikan untuk menyaring cahaya, namun sifatnya tembus pandang sehingga suasana dari luar bisa terlihat.

Demikianlah berbagai bentuk dari roller blind yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah dekorasi ruangan. Jangan terpaku pada model tirai yang paling mahal, karena harga tidak mempengaruhi keindahan dekorasi yang dihasilkan jika pemilihan model tidak sesuai tema. Walaupun anda membeli jenis roller blind murah, namun jika perpaduannya dengan ruangan sesuai, maka hasilnya akan sangat memuaskan.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *