Waspada! Inilah Bagian Rumah yang Berbahaya untuk Anak-anak

Kalau kamu adalah ayah-bunda yang baru saja punya anak. Maka dari itu, kamu harus tahu bahwa anak kecil itu belum punya insting terhadap bahaya, meskipun mereka ada dalam pengawasan orang tua dan berada dalam rumah. Tak menutup kemungkinan, anak bermain di area ruang keluarga, lalu merangkak naik tangga dan terjatuh, atau main-main di pinggir kolam dan terjatuh tanpa ayah atau ibunya tahu.

Nah, meski berada di dalam rumah, selalu ada kesempatan anak bisa tersedak, terjatuh, tenggelam, cedera, hingga banyak lagi bahaya yang mengancam si kecil. Maka dari itu, ada baiknya kamu membuat ruangan yang kid-friendly yang bisa memastikan anak anda aman di mana pun ia bermain dalam rumah. Nah, untuk hati-hati saja sih, berikut ini tempat yang sering mendatangkan bahaya untuk anak.

Ruang makan dan dapur

Nah, tempat pertama yang berbahaya adalah dapur dan ruang makan. Bayi pada umumnya suka sekali ikut ibu mereka ke dapur saat memasak. Makanya, kalau kamu sedang berada di dapur jauhkan si kecil dari benda-benda berbahaya yang mungkin bisa ia jangkau, seperti pisau, garpu, kursi, kompor, gas, dan benda-benda lain. Saat duduk, pastikan bahwa anak juga aman. Pastikan bahwa mereka duduk di kereta bayi saja. Kalau pun mau diletakkan di kursi, maka pasanglah sabuk pengaman. Memang sih sedikit ribet, tapi semua demi keamanan anak.

Tangga Rumah

 

Tangga Rumah

Sudah banyak sekali kejadian anak kecil yang terjatuh dari tangga karena lalai dan tidak diperhatikan. Makanya, akan lebih aman saja kalau saat sedang sibuk, anak ditinggalkan di dalam kamar mereka. Agar anak nyaman, buatlah kamar dengan dekorasi yang cantik dan penuh mainan. Kita mulai dari dindingnya, kamu bisa memasang wallpaper dinding kamar anak bernuansa lembut dan tidak jreng saat dilihat. Kamu juga bisa menyediakan kotak mainan agar mereka sibuk bermain dan tidak keluar atau menuju tangga.

Tempat tidur

Nah, tempat selanjutnya adalah tempat tidur. Menurut penelitian dari American Academy of Pediatrics, anak yang tidur bersama orang tua bisa berbahaya. Karena anak yang masih kecil bisa saja tertindih oleh orang tua mereka hingga berakibat kematian. Itulah makanya, kenapa anak harus ada kamar sendiri. Mengenai konsepnya, bisa dilihat di poin sebelumnya ya. Ada banyak sekali kok tempat jual wallpaper anak, mainan bayi yang recommended dan murah meriah.

Kamar Mandi

Kamar mandi masuk dalam area bahaya karena anak bisa saja terpeleset dan jatuh di kamar mandi. Apalagi, anak kecil belum punya kaki yang kuat untuk berdiri dan menopang badan mereka. Hal yang sama juga berlaku di kolam renang. Kolam renang lebih berbahaya daripada kamar mandi ya, karena di kolam renang anak bisa saja terpeleset dan jatuh tenggelam.

Rak Tempat Menyimpan Obat-obatan

Selanjutnya adalah arak obat. Mengapa rak obat masuk dalam area bahaya? Jelas ya, karena anak kecil belum mengerti mana yang boleh dimakan mana yang tidak. Obat yang berwarna-warni dan menarik perhatian mereka biasanya langsung dibawa masuk mulut dan dimakan. Nah, obat-obat ini jelas bisa membuat si kecil keracunan, muntah, serta mendatangkan penyakit lain.

Jadi, mulai sekarang, kamu yang sedang punya anak kecil atau balita, jaga dan perhatikan benar-benar di mana mereka bermain. Paling aman sih memang mereka bermain di kamar sendiri. Desainnya bisa kamu percantik dengan menambahkan wallpaper dinding kamar anak, mainan, dan pembatas agar anak tidak keluar. Lebih kid-friendly kan?

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *