Tips Penataan Ruang Multimedia Di Rumah Yang Sering Dilupakan

Mendedikasikan satu ruangan sebagai sarana entertainment akan bikin siapa pun betah di rumah. Penghuni rumah tidak perlu keluar rumah untuk menonton film, mendengarkan musik atau menggunakan internet. Untuk rumah yang memiliki ruangan extra yang bisa difungsikan sebagai ruang multimedia, juga harus diketahui ruangan tersebut berbeda dengan ruang lainnya.

Tips Menata Ruang Multimedia Di Rumah

Interior rumah dari satu ruang ke ruangan lainnya memiliki beberapa kemiripan. Selain memberikan tema interior yang menyeluruh, hal tersebut dikarenakan ruangan dalam rumah bisa digunakan untuk hal yang sama, seperti ruang multimedia, ruang keluarga, dan ruang tamu. Kadang ketiga ruangan tersebut bisa sekaligus digunakan sebagai ruang beristirahat, menonton tv, menerima tamu dan berbagai kegiatan hiburan lainnya. Jadi, punya ruangan khusus untuk multimedia ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan loh!

1. Menyesuaikan ukuran Perangkat Multimedia

Beli TV atau lemari terlebih dahulu? Kalau sudah didaulatkan satu ruangan untuk khusus multimedia. Mulai mengonsepkan apa saja yang akan dipasang pada ruangan tersebut. Apakah akan perlu TV besar, alat sound, alat kareoke, di mana menaruh stop kontak. Sesuaikan ukuran semua perangkat dengan tempat penyimpanannya. Ukuran ruangan juga berpengaruh, karena semakin kecil ruang multimedia maka semakin terbatas perangkat yang bisa dimasukkan ke dalamnya.

2. Jarak Dengar-Pandang

Hal penting yang sering dilupakan adalah jarak sehat untuk menonton TV dan mendengarkan musik. Selain demi kenyamanan juga untuk kesehatan penghuni rumah. Cara hitungnya mudah sekali. Untuk jarak pandang TV, ukuran TV lebar TV dikalikan tiga kali. Bila TV anda 40 inci maka sofa diletakan sejauh 120 inci dari layar TV. Untuk daya dengar, tiap orang memiliki volume resistensi yang berbeda, setidaknya bila tetangga tidak bisa mendengar anda, maka seharusnya oke-oke saja.

3. Ketinggian Perangkat Multimedia

Desain ruang multimedia memiliki aturan peletakan agar nyaman. Misalkan TV yang ditaruh terlalu tinggi akan membuat kepala dan leher lelah. Lemari penyimpanan yang terlalu tinggi juga membuat semakin sulit untuk merapihkan perangkat setelah digunakan.

4. Dekorasi Minim

Ruangan penuh dengan elektronik jangan diperumit dengan dekorasi interior. Sebagai penyeimbang gunakan warna polos dan netral. Bila terasa masih terlalu datar, gunakan wallpaper yang klasik atau minimalis yang banyak dijual di toko wallpaper dinding. Hias hanya satu dinding saja dan tetap biarkan dinding lainnya polos.

5. Instalasi Elektrikal

Jangan sampai adanya banyak perangkat elektronik dalam satu ruangan rentan kecelakaan karena masalah elektrikal. Bila ingin perlindungan ganda. Gunakan jasa mekanikal elektrikal agar semua kabel dan seklar tidak saling tumpang tindih. Hal terpenting adalah tidak ada kemungkinan koslet karena masalah elektrikal.

6. Ventilasi

Biasanya ruang multimedia didesain secara tertutup tanpa jendela supaya tidak ada polusi udara dan menggunakan peredam suara. Jendela adalah fitur yang ditiadakan. Sebagai penggantinya pasang penyejuk ruangan atau AC dan ventilator untuk menyedot udara panas didalam dan mengalihkannya keluar.

7. Pencahayaan

Ruang yang dilapisi peredam suara, akan minim sinar matahari langsung. Oleh karena itu, pastikan lampu dalam ruangan cukup terang agar melihat dengan nyaman namun tidak menyilaukan dan menganggu.

Ingatlah bahwa banyak perangkat elektronik membutuhkan sirkulasi udara yang lancar dan tata letak yang baik. Perhatikan semua hitungan tinggi, lebar dan peredaman suara agar nyaman bagi penghuni rumah dan sama halnya dengan orang sekitar. Jadi, tidak ada yang merasa terganggu dan bisa sibuk beraktivitas sesuai kebutuhannya. Gunakan jasa mekanikal elektrikal. interior desaign bila diperlukan. Kunjungi juga Greenwall.co.id untuk mendapatkan lapisan dinding juga wallpaper yang bisa meredam suara dan terlihat cantik dalam ruang multi media.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *