Tips Membersihkan Kusen Jendela Aluminium

Hunian modern selain menerapkan berbagai unsur minimalis, juga banyak menggunakan elemen-elemen interior dan eksterior yang praktis dan terlihat modern. Salah satunya adalah penggunaan aluminium. Selain terlihat modern, bahan aluminium juga lebih kuat, lebih ringan, awet karena tahan keropos dan tahan rayap, serta mudah dalam perawatannya.

Salah satu elemen berbahan aluminium yang saat ini banyak dilirik adalah penggunaan kusen pintu dan jendela aluminium. Dibandingkan kayu, menggunakan bahan aluminium bisa membuat pintu dan jendela terlihat modern dan cantik. Apalagi bahan aluminium bisa dicat berbagai warna, bahkan seperti layaknya kayu sehingga bagi Anda yang suka dengan tampilan kayu bisa tetap menghadirkannya di rumah.

Kelebihan Bahan Aluminium

Dibandingkan dengan kayu atau kaca, harga jendela aluminium tidak terpaut jauh, bahkan untuk jenis kayu tertentu, harga aluminium bisa jauh lebih murah. Bahan aluminium juga lebih bernilai ekonomis karena dari biaya proses pembuatan, pemasangan hingga perawatan jauh lebih mudah dan bahan aluminium lebih awet. Anda memang harus rutin membersihkan agar tetap bersih dan bebas dari debu karena aluminium yang kotor lama-lama bisa menjadi karat yang akhirnya membuat aluminium jadi keropos.

Kelebihan Bahan Aluminium

Harga jendela aluminium yang kompetitif membuat bahan aluminium banyak dilirik untuk penggunaan dalam jumlah besar, misal untuk perkantoran, pertokoan, atau ruang publik lain seperti sekolah atau tempat kursus. Hal ini juga terkait kembali dengan perawatannya yang mudah sehingga pintu dan jendela dari aluminium menjadi favorit baru dalam penggunaan masal.

Tips Membersihkan

Meskipun terbilang mudah, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips membersihkan kusen pintu dan jendela dan aluminium Anda tetap terlihat bersih dan awet :

1. Cermati bagian luar

Biasanya pintu atau jendela bagian luar adalah yang paling kotor sehingga bagian inilah yang harus Anda perhatikan. Dibanding dengan mengelap, menyemprotkan air lebih efektif meluruhkan debu sehingga Anda bisa menyemprotnya dengan selang air. Namun pastikan tidak ada kebocoran agar air tidak membasahi bagian dalam rumah. Setelah itu keringkan dengan lap atau kain bersih.

2. Gunakan deterjen

Untuk mengangkat kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan deterjen cair atau cairan khusus untuk aluminium. Penggunaan deterjen juga bisa membuat kusen dan daun pintu dan jendela terlihat mengkilap. Gunakan lap atau  kain dan celupkan ke air yang sudah dicampur deterjen dan gosok perlahan-lahan hingga bersih.

3. Ulangi mengelap

Setelah dibersihkan dengan deterjen, lap kembali kusen dan daun pintu dan jendela dengan lap basah tanpa deterjen. Tujuannya adalah untuk mengangkat sisa deterjen yang masih menempel di kusen. Setelah itu barulah dilap dengan lap kering yang bersih.

4. Poles

Untuk membuat aluminium terlihat mengkilap, selain menggunakan deterjen atau sabun cuci piring bubuk, Anda juga bisa menggunakan bahan pengilap khusus yang banyak dijual di toko perlengkapan rumah tangga. Apabila menemukan karat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan jasa pembersih aluminium sehingga karat bisa dicegah agar tidak melebar dan merusak semuanya.

5. Rutin membersihkan

Agar kebersihannya terjaga, Anda sebaiknya rutin membersihkan kusen pintu dan jendela aluminium seminggu sekali, atau paling tidak 3 kali dalam satu bulan. Namun jika mau, Anda bisa mengelap kusen Anda setiap hari, cukup dengan lap yang sudah dibasahi air.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *