Tips Memasang Wallpaper pada Dinding yang Lembab

Dinding merupakan bagian rumah yang memiliki fungsi sangat vital. Dinding berfungsi melindungi ruangan dari angin luar. Selain itu, dinding juga memberikan kesan indah pada sebuah ruangan. Ruangan akan terlihat semakin indah dan nyaman jika dinding memiliki corak maupun warna yang khas.

Wallpaper dinding merupakan media yang dapat digunakan untuk melapisi sekaligus memperindah dinding. Wallpaper memiliki beragam warna dan corak. Hal ini bisa dimanfaatkan agar ruangan terlihat lebih bagus dan nyaman. Sayangnya, wallpaper tidak dapat terpasang sempurna pada dinding yang lembab. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita melakukan hal berikut.

Kenali Penyebab Lembab

Sebab akibat merupakan dua hal yang selalu ada dalam kehidupan. Dinding yang lembab sudah pasti ada penyebabnya. Kalo kata orang “tidak ada asap jika tidak ada api”. Dinding yang lembab pastilah memiliki beberapa penyebab. Nah, penyebab dinding lembab inilah yang harus kita cari pertama kali.

Dinding yang lembab bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti: sirkulasi udara yang kurang baik, sinar cahaya yang sedikit, atau karena ruangan terlalu dekat dengan kamar mandi. Setelah mengetahui penyebab lembabnya dinding, langkah berikutnya adalah mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Waterproofing

Proses waterproofing dilakukan agar dinding tahan rembes. Bahan ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan yang mampu menahan air rembes. Dalam pemasangan waterproof dinding, sebaiknya perhatikan beberapa langkah.

Ketika akan memasang waterproof, pastikan dinding sudah bersih. Bersihkan dinding dari kotoran dan cat yang menempel. Setelah benar-benar bersih, lap dinding menggunakan kain. Proses pengelapan ini dilakukan agar dinding benar-benar terhindar dari debu yang menempel. Setelah itu biarkan sampai dinding mengering dan siap dipasangi waterproof.

Dinding yang sudah kering bisa langsung dipasangi waterproof. Pastikan waterproof terpasang dengan merata. Bila perlu lakukan pengecatan berulangkali sampai dinding benar-benar terbebas dari rembesan air. Dinding harus benar-benar kering agar wallpaper dapat terpasang dengan sempurna.

Pemasangan Wallpaper

Wallpaper dinding murah sebaiknya dipasang dengan hati-hati. Proses pemasangan sebaiknya dipercayakan pada orang yang sudah berpengalaman. Memasang sendiri wallpaper tanpa adanya pengetahuan akan membuat pemasangan tidak sempurna.

Apabila tetap ingin memasang sendiri, sebaiknya perhatikan lebar dan luas dinding yang akan dipasangi wallpaper. Pastikan juga dinding tidak lagi lembab agar wallpaper dapat terpasang dengan sempurna. Dinding yang lembab bisa membuat wallpaper terlihat kusam dan gelap.

Penggunaan Wallpaper Tahan Lembab

Bagi kalian yang tidak ingin repot, wallpaper tahan lembab merupakan solusi yang paling bagus. Kalian tidak perlu melakukan beragam langkah dan proses dalam pemasangan wallpaper. Walpaper tahan lembab dapat langsung dipasang pada permukaan dinding yang lembab. Kita tidak perlu merasa khawatir wallpaper akan menjadi kusam atau yang lainnya.

Wallpaper tahan lembab memiliki bahan pembuatan yang berbeda dari wallpaper biasa. Wallpaper tahan lembab juga dipercaya mampu menahan lembabnya dinding menyebar dan membuat ruangan menjadi lembab.

Permukaan dinding menjadi hal utama penentu bagus atau tidaknya wallpaper yang terpasang. Alangkah lebih baiknya jika wallpaper dipasang pada permukaan yang kering. Permukaan dinding yang kering memungkinkan wallpaper dinding terpasang dengan sempurna dan menempel dengan baik.

Pada akhirnya, wallpaper akan memberikan manfaat yang baik dan maksimal. Ruangan akan menjadi lebih bagus dan memberikan kesan nyaman bagi pemiliknya. Demikian artikel mengenai pemasangan pada wallpaper pada dinding lembab.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *