Terapkan Hal Ini Untuk Menjaga Agar Saluran Pipa PVC Tetap Awet

Pipa PVC menjadi salah satu jenis pipa yang biasa digunakan saat ini. Penggunaan pipa PVC banyak kita temukan diberbagai aspek. Ia dikenal memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah terkait daya tahan yang dimiliki.

Meskipun memiliki daya tahan yang tinggi, bukan berarti pipa PVC tidak membutuhkan perawatan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat pipa PVC dan menjaganya agar tetap awet. Hanya saja sebelum membahas lebih lanjut mengenai hal itu sebaiknya kita simak dulu apa itu pipa PVC dan kenapa ia banyak digunakan lewat ulasannya di sini.

Mengenal Pipa PVC

Apa itu pipa PVC? Mungkin selama ini nama PVC sering sekali kita dengar, tetapi tidak semua memiliki pemahaman yang memadai mengenai pipa yang satu ini. Pipa Polyvinyl Chloride (PVC) atau yang biasa dikenal dengan Polivinil klorida ini merupakan salah satu jenis pipa thermoplastik yang banyak digunakan untuk saluran air. Bahkan sekarang ia juga banyak digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Banyak yang menggunakan pipa ini bukan tanpa alasan, melainkan karena ia memiliki beragam kelebihan jika dibanding pipa-pipa lainnya. Apa saja kelebihan yang dimilikinya? Berikut beberapa di antaranya.

  • Salah satu kelebihan dari pipa ini adalah daya tahan yang dimilikinya ia juga dinilai kuat dan kokoh. Tak heran jika kemudian pemanfaatannya diperluas menjadi tidak hanya untuk pipa air saja.
  • Harga dari pipa ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan pipa yang lain.
  • Mencari pipa yang anti korosi? Pipa ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk digunakan.

Cara Praktis Merawat Pipa PVC Agar Lebih Awet

Meski kokoh dan memiliki daya tahan tinggi bukan berarti pipa PVC tidak membutuhkan perawatan. Ada beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan untuk menjaga keawetan dari pipa yang satu ini. Cara apa saja yang dapat dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pengecekan Berkala

Memiliki daya tahan yang tinggi bukan berarti membuat pipa PVC menjadi tidak dapat rusak. Kerusakan mungkin terjadi pada pipa-pipa PVC. Untuk mencegah kerusakan menjadi merembet sebaiknya jangan lupa untuk melakukan pengecekan berkala pada jalur pipa.

Apabila pipa ditaruh di atas beton atau di tanam di bawah beton misalnya tak ada salahnya menggunakan waterproofing dak beton untuk mencegah kebocoran pipa merembes pada beton nantinya. Ini juga untuk mencegah beton menjadi rusak akibat resapan air yang menyerang.

2. Memastikan Adanya Perlindungan Ganda

Tak ada salahnya menerapkan perlindungan ganda pada pipa untuk membuat pipa menjadi lebih kuat. Untuk perlindungan ganda yang akan diterapkan sebaiknya disesuaikan dengan tempat pipa diimplementasikan. Selain itu juga, harus menyesuakan model penerapan pipa nantinya.

Ada banyak jenis perlindungan yang ada. Apabila memungkinkan sebaiknya konsultasikan dengan pihak yang berpengalaman untuk memperoleh saran implementasi perlindungan yang terbaik nantinya.

3. Membersihkan dari Lumut

Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah memastikan pipa tetap terjaga kondisinya dan menyingkirkan hal-hal yang dirasa berpotensi merusak pipa seperti salah satunya adalah lumut. Jika memungkinkan sebaiknya lakukan pemeriksaan berkala pada jalur pipa. Singkirkan lumut maupun hal-hal lain yang berpotensi mengganggu jalur pipa nantinya. Jangan sampai ini justru membuat pipa menjadi rusak dan kebocoran terjadi jika tidak segera ditangani dengan baik.

Ada banyak jenis perawatan yang dapat dilakukan pada pipa PVC. Secara spesifik ini juga bergantung fungsi dan juga penerapan pipa. Selain menjaga kondisi pipa tak ada salahnya juga menjaga kondisi lingkungan tempat pipa diimplementasikan. Misalkan, ketika pipa diimplementasikan pada beton, untuk mencegah beton mengalami kerusakan akibat rembesan air pipa maka sebaiknya dilakukan waterproofing integral untuk menjaga keawetan beton supaya berbagai hal lain yang dirasa penting dilakukan untuk menjaga agar pipa dan lingkungan tempat pipa diimplementasikan tetap terjaga kondisinya.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *