Supaya Bersih dan Awet, Begini Kiat Membersihkan Pintu Kamar Mandi Aluminium 

 

Kamar mandi menjadi salah satu area yang dikenal super lembab dibanding area lain dalam sebuah rumah atau bangunan. Tidak heran jika perlu dibersihkan rutin karena kondisi lembab di dalamnya menciptakan kondisi ideal bagi kuman untuk berkembang biak. Tak hanya lantai kamar mandi dan closet yang perlu dibersihkan secara detail, bagian pintunya pun perlu dibersihkan rutin.

Kiat Membersihkan Pintu Kamar Mandi dari Aluminium

Beberapa orang memilih pintu aluminium untuk area kamar mandi, alasannya tentu beragam, bisa karena harga ataupun karakter bahan yang kuat. Apabila membersihkan kamar mandi usahakan ikut membersihkan area pintu ini juga. Tujuannya untuk memastikan pintunya selalu bersih dan tidak mudah rusak, karena noda yang menempel lama akan memicu keretakan.

Membersihkan pintu kaca aluminium atau murni dari material aluminium ternyata tak terlalu sulit. Berikut kiat membersihkan pintu jenis tersebut yang dijamin mudah untuk ditiru:

1.    Siapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan yakni sabun atau detergen, air, lap, sarung tangan, kuas, spons, dan juga krim tartar.
2.    Setelah semua bahan dan perlengkapan siap, maka langkah selanjutnya adalah merebus air sebanyak 1 liter. Jika air sudah mendidih maka bisa memasukan sekitar satu sendok makan krim tartar, aduk perlahan lalu matikan api.
3.    Ambil kuas lalu celupkan ke dalam larutan krim tartar yang sudah dibuat, gunakan untuk mengoles seluruh permukaan pintu dari material aluminium. Pastikan sudah dioleskan secara merata khususnya di area pintu yang nampak bernoda. Hasil akan lebih maksimal jika didiamkan dulu paling tidak selama 15 menit usai dioleskan.
4.    Siapkan wadah atau ember lain dan isi dengan 1 liter air, kemudian masukan sabun atau detergen yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk sampai detergen larut dan mengeluarkan busa, semakin banyak busanya maka semakin baik. Tidak ada salahnya menambahkan detergen lebih banyak jika mendapati noda di pintu kamar mandi cukup banyak dan tebal.
5.    Langkah berikutnya adalah mencelupkan spons ke dalam larutan detergen lalu dipakai untuk menggosok permukaan pintu aluminium yang sudah dioles larutan krim tartar tadi. Balurkan larutan detergent ini sampai merata dan gosok perlahan saja, kecuali jika mendapati noda yang cukup bandel, maka bisa digosok dengan tekanan lebih untuk memastikan noda tersebut larut usai digosok.
6.    Jika sudah digosok semua dengan larutan detergen maka bisa mengambil air bersih kemudian dipakai untuk menyiram atau membilas pintu tersebut. Agar bersih maksimal air bersih ini bisa disapukan ke pintu memakai kain lap bersih. Jika memakai kain lap atau mungkin spons maka sisa busa dari larutan detergen bisa bersih maksimal.
7.    Langkah terakhir adalah mengeringkan pintu tadi dengan memakai kain lap yang kering dan bersih. Lap secara keseluruhan ke permukaan pintu untuk melihat apakah sudah benar-benar bersih atau masih ada noda yang tertinggal. Jika mendapati ada sisa noda maka bisa dibersihkan lagi dengan larutan detergen. Tidak harus ke seluruh bagian pintu namun cukup di titik yang masih ada noda tersebut.

Pintu kamar mandi juga selalu dalam kondisi lembab sehingga menjadi sarang bagi kuman dan jamur. Membersihkannya secara teratur bisa membuatnya tetap bersih, terawat baik, dan awet karena tidak terkena serangan kerak akibat kuman tadi. Khusus untuk pengguna pintu aluminium di area kamar mandi maka bisa dibersihkan dengan langkah-langkah mudah di atas.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *