Proses Pembuatan Dak Beton Untuk Atap Yang Kalian Harus Tau

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja kontruksi yang wajib dibuat saat membangun sebuah rumah? Perlu kamu ketahui yang wajib ada untuk membangun rumah adalah atap, dinding dan pondasi. Oleh karenanya, dibutuhkan struktur konstruksi yang kuat dari semua sisi tidak terkecuali dak.

Pada umumnya rumah di Indonesia menggunakan dak beton di mana dak beton ini termasuk dalam salah satu jenis kontruksi yang menjadi pilihan utama untuk berbagai jenis bangunan. Nah, apa yang dimaksud dengan dak beton dan proses pembuatan dak beton untuk atap? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Dak Beton

Sebelum mengetahui pengertian dari dak beton, alangkah baiknya mengetahui arti dari dak. Dak memiliki arti pembatas untuk membatasi antara lantai bawah dengan lantai di atasnya. Pengertian lainnya, dak dalam dunia konstruksi juga diartikan sebagai bagian atap atau bagian yang paling atas.

Adapun bahan untuk membuat dak ini berbeda-beda, seperti dak yang terbuat dari bahan kayu, tanah liat maupun beton. Dak yang terbuat dari beton dinamakan dengan dak beton. Dak beton yang dimaksud dapat berfungsi sebagai pembatas maupun sebagai atap.

Jika dak beton berfungsi sebagai atap pada umumnya menggunakan sika waterproofing untuk dak supaya tahan air dan tidak mudah bocor. Oleh karena itu perlu dipasang sika waterproofing ini. Untuk pemasangannya, tentunya kamu membutuhkan jasa waterproofing membrane bakar.

Proses Pembuatan Dak Beton

Pada umumnya, pembuatan dak beton di Indonesia masih menggunakan cara lama yaitu menggunakan cor beton atau dapat juga menggunakan sistem pabrikasi. Oleh karenanya, proses pembuatan dak beton ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Hal tersebut karena dapat mempengaruhi daya tahan atap rumah dan kualitas bangunan serta berpengaruh terhadap kuat tidaknya dak beton. Adapun ciri khas dak beton yang baik, antara lain: harus kuat menahan beban, memperhatikan fungsi estetika harus rata dan halus, serta harus ekonomis dan efisien.

Nah, untuk membuat dak beton dengan ciri khas tersebut. Kamu harus memperhatikan proses pembuatan dak beton berikut ini.

  • Buatlah cetakan (bekisting) dan pembesian balok beserta plat betonnya. Adapun fungsi cetakan tersebut adalah untuk menampung adonan beton supaya bentuknya bagus saat dilakukan pengecoran. Tips membuat bekisting ini dapat dibuat dari bahan papan atau multipleks.
  • Setelah membuat cetakan langkah selanjutnya adalah memeriksa ulang bekisting. Adapun pemeriksaan ini meliputi elevasi, dimensi, kelurusan, kerapatan serta pemeriksaan tulang.
  • Periksa pipa-pipa yang membuat beberapa jaringan elektrikal sebuat bangunan, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Lalu, langkah selanjutnya adalah membersihkan beskiting dari kotoran yang mungkin menempel. Agar lebih cepat dalam proses pembersihan ini boleh menggunakan kompresor udara.
  • Pastikan adonan beton sudah teruji dengan menggunakan slump atau dapat juga melakukan dengan cara meratakan beton yang telah dituang dengan menggunakan penggaruk. Kemudian padatkan beton dengan menggunakan mesin vibrator.
  • Supaya terhindar dari kebocoran atau kerekatan pada dak beton, sebaiknya hindari kemungkinan ada jeda waktu saat pengecoran. Oleh karena itu, disarankan pengecoran sebaiknya dilakukan di malam hari dengan tujuan mengantisipasi sinar matahari yang terlalu panas.
  • Setelah kurang lebih 4 – 21 hari, langkah selanjutnya adalah melakukan pembongkaran bekisting. Estimasi waktu tersebut cukup untuk proses pengeringan dan pengerasan beton.

Nah, tersebut adalah proses pembuatan dak beton untuk atap. Sangat disarankan bagi kamu yang membuat dak beton untuk atap harus dilapisi dengan sika waterproofing untuk dak. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari adanya kebocoran dan rembesan.

Jika kamu kesulitan dalam pelapisan sika waterproofing untuk dak ini, kamu dapat menggunakan jasa waterproofing membrane bakar. Dengan begitu dak beton untuk atap yang kamu buat akan kuat, tahan lama dan memenuhi fungsi estetika.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *