Pilihlah Ketebalan Tempered Glass Dengan Tepat, Inilah Tips-Tipsnya!

Sebuah bangunan terdiri atas berbagai elemen penyusun, baik elemen utama agar ia mampu berdiri ataupun elemen pendukung yang bersifat menambah estetika. Bahan-bahan dari elemen penyusun bangunan pun bermacam-macam, mulai dari kayu, beton, besi, hingga kaca. Semuanya memiliki peran penting masing-masing. Oleh karena itu, perlu dipahami masing-masing perannya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan maupun penggunaannya.

Harga Kaca Tempered 8 mm dan Harga Kaca Tempered 8 mm Terpasang, Murah Mana?

Kaca adalah salah satu bahan yang penting dan hampir selalu digunakan dalam setiap bangunan. Bagaimana tidak? Selain berfungsi untuk menunjang pencahayaan dari luar ruangan ke dalam bangunan, kaca juga dapat menambah keestetikaan di bangunan tersebut. Oleh karena itu, pemilihan kaca ini sangat penting diperhatikan. Pemilihan ini harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan, mulai dari kebutuhan hingga harga. Misalnya, untuk suatu kebutuhan kaca dapat digunakan tempered glass 8 mm atau 10 mm. Dengan harga kaca tempered 8 mm yang lebih murah, pengguna dapat memilih alternatif ketebalan ini dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan tempered glass 10 mm.

Di dalam sebuah bangunan, fungsi tempered glass dapat bermacam-macam, mulai dari kaca-kaca gedung sebagai jendela, kaca meja, hingga kaca-kaca pembatas. Perbedaan kebutuhan tersebut juga mempengaruhi ketebalan tempered glass yang digunakan. Kebutuhan tersebut disesuaikan dengan penggunaan dan ukuran dari ruang yang memerlukan tempered glass. Jadi, pemilihan maupun pemasangannya tidak boleh sembarangan. Pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, banyak pula jasa memasang tempered glass. Harganya pun cukup bervariasi. Ada yang telah menyediakan harga paket, misalnya pada kaca tempered glass 8 mm. Biasanya, harga kaca tempered 8 mm terpasang dengan harga kaca tempered glass 8 mm saja akan berbeda. Harga yang sudah terpasang akan lebih mahal, karena pengaplikasian di bangunan pun menjadi lebih mudah.

Adapun beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam pemilihan ketebalan tempered glass antara lain adalah sebagai berikut:

1. Serapan cahaya yang diinginkan. Besarnya intensitas cahaya yang masuk ke ruangan sangat dipengaruhi oleh ketebalan dari tempered glass yang terpasang di jendela. Semakin tebal tempered glass, intensitas cahaya juga dapat semakin rendah. Meskipun intensitas ini juga dipengaruhi oleh jenis tempered glass yang terpasang. Untuk itu, pemilihan ketebalan juga dapat disesuaikan dengan serapan cahaya yang diinginkan.

2. Warna yang ingin diciptakan. Baik untuk fungsi fisik teknik maupun estetika, pemilihan ketebalan tempered glass juga dapat disesuaikan dengan warna yang ingin diciptakan. Sebab, semakin tebal tempered glass yang terpasang, cenderung semakin gelap.

3. Ukuran dan penggunaan. Kedua hal tersebut merupakan hal penting dalam pemilihan ketebalan tempered glass. Jenis penggunaan dan bentang kaca yang diinginkan sangat mempengaruhi jenis ketebalan kaca yang dibutuhkan. Pemilihan yang salah dapat menimbulkan kerugian dan bahaya. Misalnya, untuk pintu dan endela, biasanya digunakan tebal kaca 6 mm. Sedangkan untuk curtain wall, digunakan tebal kaca 8 mm dan 10 mm. Pemilihan tersebut didasarkan pada fungsi dan perhitungan bentang kaca.

4. Harga. Faktor ini pun tidak kalah penting. Sebab, seringkali pengguna tergiur oleh merk dan harga yang lebih mahal. Harga mahal dianggap menjamin kualitas dan sesuai kebutuhan. Padahal, kenyataannya, harga menyesuaikan apa yang kita butuhkan. Jika ketebalan tempered glass yang kita butuhkan telah diperoleh, mencari harga yang terjangkau harus diperhatikan. Misalnya, di beberapa tempat, harga kaca tempered 8 mm lebih mahal dibanding 10 mm. Untuk itu, harus dicari kembali harga yang paling terjangkau dan sesuai kebutuhan, serta berkualitas terbaik.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *