Wajib Memiliki Sertifikat Kompetensi, Inilah Pentingnya Sertifikat Kompetensi ME

Pekerjaan listrik dan beberapa pekerjaan konstruksi lainnya ternyata membutuhkan sertifikasi kompetensi. Pekerja yang sudah tersertifikasi maka sudah bisa dikatakan halal dan layak menerima berbagai pekerjaan berkaitan dengan bidang keahlian yang dimiliki. Bukan hanya pekerja, perusahaan kontraktor ME juga diwajibkan memiliki sertifikat agar dapat beroperasi tanpa adanya masalah.

Pengertian

Seorang lulusan yang telah selesai melaksanakan study dan diwisuda ternyata belum bisa bekerja sebagaimana mestinya. Perusahaan tempat bekerja akan membutuhkan sertifikat kompetensi agar lebih dipercaya. Sertifikat kompetensi tidak harus didapatkan melalui pelatihan atau kursus tetapi juga dapat diberikan oleh Lembaga terkait. Sertifikasi keterampilan merupakan sebuah kegiatan yang mampu memberikan pengalaman dan peningkatan kemampuan dalam bidang tertentu.

Sertifikat kompetensi ini sebenarnya hampir sama dengan beberapa program profesi pekerja di Indonesia. Program profesi untuk dokter, farmasi, keguruan, kesehatan dan lain sebagainya dijadikan dasar lulusan menjalankan pekerjaannya. Tanpa syarat tersebut maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan bisa dilakukan pada Lembaga-lembaga besar. Begitu pentingnya sebuah sertifikat kompetensi maka harus dilengkapi.

Cara Memperoleh Sertifikasi

Proses pemerolehan sertifikat kompetensi teknik tidak sama dengan proses pemerolehan program profesi pada beberapa bidang ilmu. Sertfikasi kompetensi ini dapat diterima sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya atau pada saat sudah selesai melakukan study. Sertifikasi instalasi listrik tidak selalu diberikan oleh Lembaga pemerintahan. Salah satu syarat mendapatkan sertifikat kompetensi ini adalah melalui pelatihan atau setelah menerima pengalaman kerja selama beberapa tahun.

Mahasiswa teknik dapat meminta sertifikat kompetensi ketika selesai melakukan kerja praktek. Kerja praktek pada beberapa perusahaan terkenal dapat membantu seseorang memperoleh sertifikat yang diperlukan. Sertifikat kompetensi ini akan dapat digunakan sebagai syarat mendaftar dan melakukan sebuah pekerjaan nantinya.

Kalau profesi lain butuh Pendidikan satu tahun melalui bangku kuliah terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan sertifikat kompetensi kelistrikan. Jadi tidak perlu banyak waktu dan uang lagi untuk memeproleh apa yang layak didapatkan. Setelah praktek dan bekerja maka pengalaman dan kemampuan sudah pasti terpenuhi.

Pada proses bekerja maka ada juga proses belajar dan pelatihan secara terus-menerus. Kemampuan orang yang sudah bekerja dengan yang baru lulus pastinya jauh berbeda. Pemahaman terhadap materi bisa saja sama tetapi soal kemampuan pasti terdapat perbedaan. Orang yang baru lulus sekolah kelistrikan pasti paham teori dan mampu mengerjakan beberapa kasus yang sesuai dengan pelajaran yang telah didapat.

Baca juga: Inilah Daftar Keramik Terunik untuk Interior Lantai Rumah

Pada kasus nyata biasanya lulusan baru akan merasa kesulitan karena kasus yang ditemui ternyata berbeda. Jika persoalan pada bangku sekolah sudah disetting sedemikian rupa maka kasus didunia kerja terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu sertifikasi kompetensi ditujukan bagi para pekerja professional dan didapatkan melalui praktek langsung.

Hal inilah yang menjadi dasar pemberian sertifikasi. Orang yang sudah pernah magang atau praktek maka dianggap sudah memiliki kompetensi yang layak. Pekerja yang sudah tersertifikasi dapat melakukan pekerjaan sesuai apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Jadi pelanggan sudah yakin dengan apa yang dilakukan tenaga profesioanl tersebut.

Sertifikasi wajib dimiliki dengan tujuan menambah keyakinan dan kepercayaan dari pelanggan. Sertifikat tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja tetapi juga oleh sebuah badan usaha. Badan usaha yang sudah tersertifikasi pasti akan lebih banyak memiliki clien. Sertifikasi berdasarkan pada skill dan kemampuan teknis pemiliknya. Orang yang sudah tersertifikasi pasti sudah memiliki kemampuan untuk bekerja pada bidangnya.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *