Kupas Tuntas Konstruksi Baja WF dan Keuntungan Menggunakannya

Pembangunan rumah hingga gedung-gedung bertingkat saat ini sudah mulai menggunakan komponen baja sebagai bingkainya. Hal ini dilakukan untuk memastikan rumah atau gedung yang dibangun akan benar-benar berdiri kokoh. Setidaknya dapat bertahan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, seperti gempa bumi dan banjir.

Konstruksi baja berfungsi sebagai rangka atau tulang dari sebuah bangunan. Apabila Anda membangun rumah tanpa rangka atau pondasi yang menyokongnya, apa yang akan terjadi? Bukankah itu akan membuat rumah Anda mudah roboh? Maka dari itu, bahkan untuk konstruksi rumah sendiri sekarang sudah mulai menerapkan konstruksi rangka baja sebagai penyokongnya.

Baja WF dan Keuntungan Menggunakannya

Salah satu jenis baja yang paling sering digunakan ialah baja WF (Wide Flange).  Struktur kepadatan yang dimiliki jenis baja ini sangat tinggi. Ini membuatnya banyak diandalkan orang-orang. Baja ini sendiri memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu dan tekanan dari sekitarnya.

Adapun beberapa keuntungan dari menggunakan baja WF ini diantaranya sebagai berikut.

1. Proses Pembangunan Lebih Cepat Selesai

Pemasangan konstruksi baja tidak membutuhkan waktu yang lama. Ini karena baja mudah dibentuk dan disambungkan kembali. Selama pemasangannya dilakukan dengan teliti dan sesuai prosedur, maka masalah korosi dan yang lainnya dapat dihindari. Konstruksi baja jadi awet dan bertahan lama. Biaya perawatanpun jadi bisa diminimalisir.

2. Konstruksi Stabil dan Ringan

Konstruksi baja yang stabil dan kuat membuat rumah Anda dapat tetap berdiri kokoh, meski dibangun diatas tanah yang tidak stabil. Selain itu kualitas dari baja WF sendiri patut diacungi jempol, karena cenderung tidak berubah dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan beban mati yang ada pada baja kecil sekali, sehingga membuatnya lebih kompak saat dan dapat menopang beban masing-masing saat dibentuk menjadi kerangka konstruksi.

3. Hemat Biaya

Baja WF memang masih tergolong mahal harganya. Namun Anda tidak akan menyesal memilih rangka baja karena kekuatan dan ketahanannya. Selain itu rangka baja tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Anggap saja harga belinya yang mahal adalah sebagai investasi jangka panjang.

4.  Konstruksi Baja Lebih Ramah Lingkungan

Baja dapat didaur ulang menjadi produk lain jika dirasa Anda sudah tidak memerlukannya lagi. Hal ini merupakan tindakan yang baik karena dianggap ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran lingkungan. Lain halnya jika Anda menggunakan rangka kayu, hal inilah justru yang membuat penggundulan hutan secara ilegal terus terjadi hingga sekarang.

Poin-poin Penting Sebelum Gunakan Konstruksi Baja WF

Penggunaan konstruksi baja WF telah dinilai banyak orang sebagai keputusan yang tepat, karena dapat menjamin bangunan lebih kokoh. Namun tidak ada salahnya sebelum memutuskan menggunakan konstruksi baja, Anda pertimbangkan berbagai hal terlebih dulu. Jika Anda sudah yakin dengan keputusan tersebut, berikut ini beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakan konstruksi baja WF.

  • Rancang terlebih dulu posisi, bentuk, dan ukuran kolom/balok baja yang akan diaplikasikan pada rumah Anda
  • Pastikan dengan jelas mengenai struktur dan kolomnya, mulai dari jenis atap, plat lantai, serta kuda-kuda yang sudah dipasang
  • Perhitungkan beban yang terdapat pada struktur, baik itu ketika menghadapi gempa dan angin kencang, misalnya
  • Jika tiga hal sebelumnya sudah jelas, Anda bisa mulai membuat mekanika struktur yang lebih terperinci
  • Langkah terakhir, kalkulasi jumlah struktur baja dan beton yang akan digunakan nantinya
Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *