Jenis – Jenis Mata Bor Untuk Membuat Partisi Kayu

Perkembangan desain interior saat ini mengarah pada penggunaan partisi untuk estetika dan fungsi lainnya. Partisi itu sendiri mempunyai banyak ragamnya. Dari sekian banyak jenisnya, partisi kayu banyak dipilih. Karena selain mampu memberikan kesan hangat dan alami, harga partisi kayu jauh lebih murah dibandingkan bahan lainnya.

Anda bisa mendapatkannya pada toko Sekatpartisi.com. Selain bebas menentukan pilihan, Anda akan dibantu dalam proses pemasangannya sampai selesai secara sempurna. Anda hanya melakukan pembayaran dan menunggu prosesnya sampai selesai. Dibalik itu semua ketika proses pengerjaan, pekerja menggunakan suatu alat khusus bernama bor. Alat ini sangat berdaya guna untuk mempercepat proses pengerjaan. Bor dalam menjalankan tugasnya ada bagian penting yang berperan aktif. Bagian itu dinamakan mata bor.

Jenis Mata Bor Berdasarkan Fungsi Kerjanya

Bor sangat membantu sekali dalam hal pembuatan partisi. Ketika proses pengerjaannya, bor itu mempunyai spesifikasi masing-masing. Spesifikasi ini didasarkan oleh bagian dari mata bor. Agar lebih memahami secara jelas tentang perbedaan setiap mata bor, berikut ini penjelasannya:

1. Twist Bits

Mata bor yang pertama ini umumnya digunakan untuk dua jenis bor. Jenis yang biasa memakainya yakni bor tangan dan bor duduk. Mata bor dapat digunakan untuk keduanya dengan arah vertikal dan horizontal. Biasanya dapat difungsikan untuk mengebor kayu, plastik, serta logam. Ukuran dari mata bor ini bernilai 4-12 mm saja.

2. Masonry Bits

Mata bor yang kedua ini mempunyai ukuran 4-15 mm, sedikit lebih panjang dari jenis pertama. Fungsinya untuk melubangi dinding, beton, batu, dengan disertai pisau tajam pada sisi ujungnya. Uniknya jenis ini mampu untuk berputar dan memukul sehingga sangat praktis penggunaannya.

3. Spur Bits

Spur Bits

Jenis ketiga ini memiliki bentuk unik juga, pada bagian ujung terdapat bagian runcing, serta dikelilingi oleh pengiris. Sisi runcing pada ujungnya digunakan untuk menjaga ketepatan ukuran yang dibuatnya. Mata bor ketiga ini tersedia di pasaran dengan ukuran 6-15 mm.

4. Countesink Bits

Bentuk keempat menyerupai busur panah. Dengan sudut sebesar 90 derajat pada sisi ujungnya. Membuat mata bor ini mampu membuat lubang pada kayu dengan sudut kemiringan sampai 45 derajat.

5. Forster Bits

Mata bor ini mirip sekali dengan bentuk peluru jika diperhatikan sekilas. Desain bentuk yang seperti itu sangat tepat dipakai untuk membuat lubang engsel. Penggunaannya juga dikombinasikan dengan bor duduk supaya kestabilan gerakan saat melubangi lebih presisi.

6. Hole Saw Bits

Fungsi mata bor keenam lebih tepat disebut gergaji karena fungsi utamanya untuk menggergaji. Berangkat dari fungsinya, maka diameter dari mata bor ini cukup besar yaitu 25-60 mm.

7. Auger Bits

Mata bor ketujuh ini biasa digunakan untuk kayu. Dengan desain berupa ulir tunggal, sangat memudahkan pengguna ketika mengebor kayu. Mesin yang tepat untuk auger bits, termasuk dalam jenis putaran rendah.

8. Flat Bits

Jenis yang satu ini mempunyai fungsi sama seperti nomer tujuh. Hanya saja bentuk lebih pipih. Biasanya pekerja menggunakannya dengan bor tangan. Karena mempunyai putaran lebih rendah.

Sepenggal pengetahuan tentang mata bor, semoga dapat memberikan pencerahan. Ternyata membuat partisi ruangan itu membutuhkan peralatan yang sangat detail sekali. Sehingga dalam pengerjaannya membutuhkan ketelitian. Proses penyelesainnya juga sebanding dengan kualitas. Selagi dikerjakan oleh orang berpengalaman, partisi ruangan yang baik, pasti membutuhkan waktu finishingnya.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *