Jenis-Jenis Klem pipa yang Harus Kalian Ketahui

Dunia konstruksi memiliki beragam istilah yang sukar dimengerti masyarakat biasa. Beberapa istilah hanya dimengerti oleh tukang dan orang-orang yang memang berkecimpung dalam dunia konstruksi. Dalam artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan mengenai klem pipa dan jenis-jenis klem yang banyak beredar di pasaran.

Clamp pipa sendiri digunakan oleh tukang sebagai alat bantu mengikat pipa pada sebuah tempat. mengikat disini dapat dimaknai sebagai alat untuk menempelkan pipa pada kondisi tertentu seperti pada tembok, atap atau yang lainnya.

Bisa dibayangkan jika pipa hanya dipasang begitu saja pada tembok. Pipa pasti tidak akan mau menempel dan justru turun ke bawah. Disinilah pentingnya klem pipa dalam pemasangan isntalasi air.

Klem pipa biasanya terbuat dari beberapa bahan yang keras. Bahan-bahan pembuat kelm antara lain: galvanis, baja carbon, dan stainless steel. Bahan-bahan ini dimannfaatkan sebagai pembuat klem karena tahan lama dan tidak mudah berkarat.

Selain bahan pembuatnya yang berbeda, klem juga memiliki jenis yang berbeda. perbedaan jenis klem dipengaruhi oleh kegunaan masing-masing. Berikut ini jenis-jenis klem yang bisa digunakan pada instalasi air.

Jenis-Jenis Klem pipa

Klem memiliki berbagai jenis dan bentuk yang sebaiknya kita ketahui agar tidak salah Ketika akan membelinya. Klem pipa dibedakan menjadi beberapa jenis seperti, klem omega, klem gantung, klem rel, klem engsel, dan klem habim.

Klem omega memiliki bentuk setengah lingkaran. Klem yang satu ini biasa digunakan pada pemasangan pipa di atap atau tembok. Penggunaannya juga cukup mudah. Klem bisa dikaitkan pada pipa dan ditempel pada atap atau tembok.

Penempelan klem ini memanfaatkan bantuan baut. Baut mengencangkan pipa agar kuat menempel dan tidak mudah lepas karena guncangan yang terjadi terus menerus.

Klem gantung merupakan klem yang digunakan untuk menggantungkan pipa di langit-langit atau atas konstruksi. Klem jenis ini biasa kita temui pada bangunan bertingkat. Pada lantai bawh atau basement gedung biasanya disitu ada klem gantung.

Klem gantung memang sengaja digunakan untuk menggantungkan pipa agar lebih dekat dengan saluran air. Klem gantung sendiri memiliki dua jenis. Klem gantung polos dan klem gantung motif. Perbedaannya jelas terdapat pada motif klem. Klem motif memiliki motif pada permukaan klem, sedangkan klem polos bentuknya polos tanpa motif.

Motif ini hanyalah variasi saja. secara kegunaan, kedua klem gantung memiliki fungsi yang sama tetapi harganya berbeda. kedua jenis ini bisa digunakan tergantung minat dari pembeli.

Selain jenisnya yang beraneka ragam, klem juga memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Ukuran dari klem juga berbeda-beda tergantung kegunaan dan kebutuhan. Ukuran klem kecil digunakan untuk ukuran pipa kecil sedangkan klem besar untuk pipa berukuran besar.

Ukuran klem pipa mulai dari setengah inci untuk yang terkecil dan ukuran 6 inchi untuk ukuran yang terbesar. Kita bisa bertanya pada penjual jika bingung menentukan ukuiran atau jenis klem yang akan digunakan.

Klem pipa memang memiliki manfaat dan kegunaan yang vital. Tanpa adanya klem bukan tidak mungkin instalasi dalam rumah menjadi kacau dan tidak rapi. Oleh karena itu sangat penting menggunakan jenis klem yang sesuai dengan kebutuhan kita. Itulah uraian singkat mengenai jenis dan ukuran klem pipa yang bisa digunakan. semoga artikel ini bisa memberikan tambahan informasi dan pengetahuan bagi para pembaca.

 

Dapatkan harga Klem pipa terbaik hanya di temtera.com!

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *