Inspirasi Bentuk Frame Jendela

Jendela merupakan bagian sebuah gedung yang selalu ada. Fungsi jendela sebagai sarana sirkulasi udara dan juga cahaya, menjadikannya elemen penting dalam sebuah bangunan. Namun demikian, belum banyak orang yang memikirkan jendela lebih dari sekadar fungsing. Padahal, dengan sentuhan artistik pada jendela, maka tampilan rumah bisa berubah gaya hingga 100%.

Pemilihan model jendela ditentukan oleh bentuk frame yang diterapkan. Lalu dilengkapi oleh kaca tempered atau pun jenis kaca lainnya yang paling sesuai. Berikut ini adalah inspirasi bentuk frame jendela yang bisa membuat bangunan rumah Anda semakin bertambah menarik.

Frame Bulat

 

Jika umumnya jendela berbentuk persegi, maka memasang frame jendela berbentuk bulat juga bisa menjadi pilihan. Jendela bulat bisa diletakkan di bagian atas kamar mandi, atau bahkan di kamar pribadi Anda. Jendela bulat memberikan kesan hangat dan fleksibel. Aplikasikan pada sisi dinding yang menghadap ke taman, untuk mendapatkan pemandangan menawan.

Frame Segitiga

 

Frame Segitiga

Bentuk frame lainnya yang bisa diterapkan pada desain jendela Anda adalah bentuk segitiga. Merupakan bentuk yang paling jarang didapati diterapkan pada bangunan, sehingga bisa memberikan tampilan yang unik. Bentuk frame segitiga dengan kaca tempered sesuai untuk ruangan yang memiliki bentuk bangunan serupa. Misalnya untuk dipasang di loteng atau bagian ruangan yang memang memiliki bentuk konstruksi bangunan segitiga sehingga ruangan akan tampak lebih seimbang dan selaras.

Frame Asimetris

 

Frame Asimetris

Menciptakan ruangan artistik dan unik, juga bisa dengan pemilihan frame jendela yang asimetris. Selain tampak variatif dan unik. Frame asimetris memungkinkan beberapa model jendela dikombinasikan menjadi desain yang menarik. Apalagi, saat ini penggunaan pintu sekaligus jendela juga sudah mulai banyak digunakan. Dengan jendela asimetris sebagai bagian dari pintu, juga bisa menjadi pilihan.

Full Frame

 

Full Frame

Jendela full frame cocok diterapkan pada gaya mediterania atau skandinavia yang mengandalkan banyak pencahayaan alami. Full frame memungkinkan pemasangan kaca jendela jadi bawah hingga ke atas. Sehingga memberikan sinar matahari yang melimpah dan membuat ruangan selalu terang dan segar.

Frame Atap

 

Frame Atap

Jika mendengar kata jendela, tentulah peletakannya identik berada di dinding samping rumah. Akan tetapi, meletakkan jendela di atap rumah bisa menjadi alternatif menarik. Selain memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah lebih banyak, juga memungkinkan Anda memandangi bulan dan bintang pada saat langit terang malam hari. Indah sekali, bukan? Untuk menghindari kaca pecah karena benda-benda yang terjatuh di atasnya, maka pemilihan kaca tempered sebagai pelengkap jendela merupakan hal yang tepat.

Frame Angled

 

Frame Angled

Frame jendela angled, sesuai namanya diletakkan pada sudut ruangan, sehinga memungkinkan pemandangan yang lebih luas dari kedua sisi. Model frame ini membentuk siku-siku atau lengkung, tergantung gaya dinding bangunan. Model ini sangat cocok untuk bangunan-bangunan bergaya kontemporer. Bahkan kerap di gunakan pada kondominium kelas atas. Tentu saja, Anda juga bisa mengaplikasikannya di rumah Anda untuk memberikan kesan modern.

Frame Pivoting

 

Frame Pivoting

Frame ini memiliki keunikan dengan letak porosnya yang berada di tengah jendela. Sehingga cara beroperasi untuk membuka dan menutupnya adalah dengan mendorong salah satu sisi, sehingga jendela dapat terbuka secara vertikal atau horizontal. Namun, ada beberapa hal yang membuat jendela jenis ini memerlukan perencanaan yang tepat. Di antaranya adalah tidak bisa meletakkan barang di dekat jendela, karena akan menghalangi terbukanya jendela.

Itulah beberapa inspirasi bentuk frame jendela yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda. Jangan lupa konsultasikan dengan jasa kontraktor mengenai kemungkinan mengaplikasikan frame jendela yang Anda inginkan. Anda juga harus melakukan rencana keuangan yang baik dan mengetahui harga kaca tempered 10mm yang akan Anda gunakan atau pun jenis kaca lainnya, serta biaya pemasangannya.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *