Sering Dilupakan, Inilah Kelebihan Partisi Gypsum dibanding Dinding Bata

Saat ini rumah modern sudah menggunakan berbagai alternatif material dalam pembangunannya. Salah satu hal yang berbeda adalah dengan penggunaan partisi gypsum sebagai ganti dari tembok bata. Namun, sebenarnya apa kelebihan dari penggunaan gypsum bila dibandingkan dengan batu bata? Pada kesempatan kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai kelebihan penggunaan gypsum dibanding batu bata.

Kelebihan Partisi gypsum dibandingkan Dinding Bata

Untuk kamu yang belum tahu, gypsum pada dasarnya adalah salah satu dari banyak tipe material utama dan kerap dipakai dalam pembuatan plafon. Gypsum berasal dari campuran bahan kapur dan juga sulfat, diolah ke dalam bentuk papan lembaran yang kemudian dibungkus menggunakan kertas tipis. Material ini nantinya dapat diterapkan sebagai media tambahan dalam finishing dinding dan berfungsi pula untuk menciptakan partisi pada ruangan.

Kelebihan dari material ini adalah tahan terhadap kobaran api, bebas dari kelembapan, dan lebih praktis. Untuk mengetahui lebih dalam, inilah beberapa kelebihan partisi gypsum jika dibandingkan dengan dinding bata.

 Inilah Kelebihan Partisi Gypsum

Proses pemasangan lebih praktis

Salah satu keunggulan dalam menggunakan material gypsum adalah karena jauh lebih praktis dibandingkan ketika memilih menggunakan baru bata. Saat ini cara pemasangan partisi menggunakan gypsum sudah dalam bentuk dry wall dan bersifat plug and play. Cara memasangnya juga sudah tidak perlu mencampur adonan tertentu karena kamu hanya perlu sekrup untuk memasangnya pada rangka besi. Tentunya hal ini sangat mudah dan cepat.

Dapat digunakan sebagai bahan pelapis batu bata

Jika kamu masih lebih tertarik untuk menggunakan dinding batu bata maka bisa juga menggabungkan keduanya. Pada proses ini kamu hanya perlu menempelkan dinding bata tersebut dengan dry wall agar terlihat jauh lebih rapi.

Mengurangi efek panas

Salah satu keunggulan dari penggunaan gypsum adalah mampu mengurangi efek panas. Hal ini dapat terjadi karena material gypsum mampu memantulkan panas dari luar terutama dari pancaran sinar matahari. Dengan begitu, bagian dalam ruangan akan mendapatkan suhu yang relatif stabil.

Ramah lingkungan

Memilih menggunakan gypsum terbukti lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan proses pemasangan menggunakan dinding bata maupun beton. Pembuatan dinding gypsum tidak perlu menggunakan banyak air. Selain itu, pada proses pembuatan papan gypsum hanya menggunakan kertas yang merupakan bahan daur ulang. Maka sisa dari penggunaan gypsum yang tidak terpakai bila dibuang akan terurai kembali ke dalam tanah. Perlu diperhatikan juga bahwa gypsum mengandung kadar Volatile Organic Compound yang rendah sehingga tidak menimbulkan bau menyengat yang merupakan polusi udara.

Perawatan lebih mudah

Proses perawatan dari dinding gypsum akan lebih mudah bila dibandingkan dinding bata. Untuk beberapa bagian yang retak, kamu bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu melakukan konstruksi ulang dari dinding tersebut. Tentu hal ini jauh lebih mudah bila dibandingkan perawatan dinding batu bata maupun beton yang harus dibongkar terlebih dahulu. Selain itu, bentuk dari gypsum juga bisa dicetak sesuai keinginan, sehingga akan sangat beragam desain yang ada.

Demikian artikel singkat mengenai kelebihan partisi menggunakan gypsum dibanding dengan menggunakan dinding bata. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam proses pencarian informasi yang detail seputar partisi menggunakan gypsum. Selalu cari tahu terlebih dahulu mengenai produk yang ingin kamu beli agar tidak menyesal suatu hari nanti.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *