Inilah Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Sejukkan Rumah

Selain taman, menambahkan kolam ikan di halaman rumah selain bisa mempercantik, juga bisa menghadirkan nuansa sejuk dan tenang. Mendengar gemericik air dan memandang liukan ikan warna-warni di dalam kolam dijamin bisa menghadirkan rasa rileks dan menghalau rasa jenuh. Itulah mengapa menambahkan sebuah kolam bisa jadi satu solusi untuk menghadirkan rasa nyaman dan betah berada di dalam rumah.

Tak Butuh Lahan Luas

Tak perlu lahan luas, kolam ikan pun bisa dihadirkan secara minimalis namun tetap cantik di lahan terbatas. Biasanya saat membangun rumah, berkonsultasi dengan penyedia jasa kontraktor yang membangun rumah bisa menghadirkan solusi tepat bagi Anda yang ingin menambahkan kolam ikan di sudut rumah. Mereka bisa memberikan saran terbaik agar kolam impian Anda bisa dihadirkan meski lahan rumah sangat terbatas.

Jikapun tanpa bantuan jasa kontraktor, Anda bisa membangun sendiri kolam ikan mungil di sudut rumah. Anda hanya perlu belajar dan membangun konsep yang tepat agar kolam ikan bisa serasi dan indah saat diimplementasikan di area yang Anda pilih. Kolam minimalis bisa Anda tempatkan di berbagai area, baik di depan rumah maupun di dalam rumah.

Setelah memiliki konsep, Anda bisa mulai membuat desain kolam. Jika Anda ada kenalan jasa kontraktor, Anda bisa minta saran untuk mendesain model kolam yang Anda mau. Perhatikan beberapa hal penting seperti kedalaman kolam yang harus disesuaikan dengan jenis ikan, volume air yang harus disesuaikan dengan jumlah ikan, filter kolam agar kualitas air tetap terjaga, kolam tidak cepat kotor dan berlumut, serta pompa kolam agar air kolam tetap bergerak dan mengalir sehingga oksigen tetap bersih.

Inspirasi Kolam Minimalis

1. Model batu alam. Selain terlihat natural, kolam dari batu alam juga sangat cocok dibangun di lahan sempit rumah. Padukan batu kali, batu lempengan, batu gunung atau batu candi dan hindari penggunaan cat karena zat kimia bisa mengganggu kehidupan ikan di dalamnya.

2. Model akuarium. Model ini memadukan bak air dengan kaca di bagian depan sehingga bagian dalam kolam bisa dilihat dari atas dan juga dari depan. Paduan air mancur mungil dijamin bisa menambah cantik kolam.

3. Model kotak. Menempatkan kolam berbentuk kotak di pojok taman yang sempit bisa menyemarakkan suasana taman mungil Anda. Lapisi bagian luar dan atas kotak batu dengan aksen kayu sehingga terlihat lebih alami. Selain kotak, Anda bisa menggunakan pot sebagai kolam mungil Anda.

4. Model kolam Jepang. Desainlah dengan cermat dan penuhilah dengan unsur alam di dalamnya namun tetap perhatikan keseimbangan dan keserasian agar tidak terkesan asal-asalan. Tambahan air mancur dari batu atau bambu bisa menambah kecantikan kolam ini.

5. Kolam depan rumah. Membuat kolam mungil di depan rumah bisa dibuat dengan sederhana dan minim komponen. Anda bisa menempatkan kolam di depan teras langsung sehingga Anda bisa bersantai duduk di teras sembari melihat kolam ikan. Jika Anda meminta bantuan jasa kontraktor, mereka pasti akan membangunkan pondasi yang kokoh dan tahan bocor dengan teknik cor dan lubang pembuangan di dasar kolam yang baik.

 

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *