Industri Kimia: Pengertian, Pertimbangan dan Proses Instalasi Mesin

Perkembangan industri dewasa ini semakin pesat, apalagi setelah berakhirnya perang kedua, hampir semua negara yang berkemampuan mengklaim dirinya sebagai negara industri dengan mendirikan pusat-pusat produksi. Namun saat ini mendirikan pusat industri tentu harus mempertimbangkan banyak hal termasuk lingkungan sekitar karena pusat industri masih kerap membuang limbah dan karbon dioksida pada lingkungan dalam jumlah banyak dan tak beraturan sehingga sering sekali terjadi kerusakan di mana-mana.

Industri kimia menjadi salah satu industri yang diminati banyak pemodal, hal ini dikarenakan sumber yang dianggap murah dan melimpah serta keuntungan yang tidak sedikit. Industri kimia merupakan industri hulu di mana Ia memproduksi bahan dasar sebelum bahan tersebut diolah di industri hilir. Industri kimia merupakan industri yang mengendalikan proses kimia di mana proses tersebut menghasilkan produk zat-zat kimia dasar seperti ammonia (NH3) dan asam sulfat (H2SO4).

Industri kimia di dalamnya melibatkan mesin-mesin dan alat yang mampu mengendalikan reaksi kimiawi dan tentu saja alat-alat tersebut sangat sulit untuk dipasang, sehingga dalam pembangunan pabrik pusat industri kimia dibutuhkan kontraktor ME yang sudah sangat mahir. Proses-proses kimia yang dilakukan oleh mesin-mesin tersebut adalah reaksi kimia dasar dan kimia fisik. Reaksi kimia fisik di antaranya dapat meliputi: mencampurnya molekul bahan dasar dengan struktur molekul bahan yang berlainan dengan beberapa fase yang dilalui seperti penguapan, pengkristalan, pengembungan, hingga pemisahan campuran zat-zat menjadi zat yang lebih murni.

Adapun industri kimia secara umum terbagi ke dalam beberapa bagian:

  1. Kimia organik. Dapat berupa industri bahan peledak dan bahan kimia dari tekstil
  2. Agrokimia. Dapat berupa industri pupuk khususnya pupuk kimia maupun pestisida
  3. Selulosa dan karet. Dapat berupa industri kertas, ban dan lain-lain.

Instalasi Mesin Industri Kimia

Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya bahwasannya mesin di industri kimia merupakan mesin yang tidak dapat sembarangan dipasang sehingga memerlukan bantuan kontraktor mekanikal elektrikal, mesin industri kimia harus mempertimbangkan banyak hal dalam instalasinya. Di antaranya:

1. Material mesin

Industri kimia kerap melibatkan bahan-bahan yang memiliki tingkat korosifitas yang tinggi sehingga material mesinnya harus material yang kuat terutama saat terpapar bahan dasar pabrik sehingga mesin akan tetap aman dan pekerja pun tetap terlindungi.

2. Pemasangan

Saat pemasangan mesin, kontraktor mekanikal elektrikal harus memiliki perhitungan yang tepat di mana mesin tersebut dapat tetap kuat menahan produksi yang banyak, awet, dan sambungan listriknya aman (jika memakai listrik) sehingga produksi akan terus berjalan dengan baik.

3. Perawatan

Perawatan merupakan pekerjaan yang sangat perlu dilakukan dalam industri kimia terhadap mesinnya. Bahkan untuk bagian perawatan perlu ada bidang khusus yang konsen pada perawatan mesin. Tugas utama dalam perawatan mesin industri kimia adalah melakukan pemeliharaan, perbaikan mesin jika terjadi kerusakan, dan semua kegiatan yang berhubungan dengan mesin-mesin tersebut. Adapun dalam proses perawatan, ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan:

  • Perawatan alat dan perlengkapannya

Kegiatan ini berupa perawatan mesin dan perlengkapannya dari mulai pengecekan hingga perbaikan untuk memastikan semua mesin dapat berjalan dengan baik.

  • Pergantian utilitas serta distribusinya

Kegiatan ini lebih mengarah pada perbaharuan power supply karena mesin menggunakan mekanikal elektrikal serta membutuhkan tenaga listrik. Kegiatan ini akan mencegah terjadinya over atau ketidak mampuan listrik memberikan tegangan pada mesin.

  • Pelumasan dan inspkesi

Merupakan kegiatan pelumasan mesin untuk mencegah mesin aus juga kegiatan untuk mencari data-data teknik mesin untuk meningkatkan maupun mempertahankan kinerja mesin.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *