Hindari Penyakit Akibat Debu Dengan Mengikuti Tips Merawat Karpet Berikut Ini!

Cobalah periksa bagian ruang tamu rumahmu. Mulai dari karpet, kursi, meja, lukisan, gordeng, dan dekorasi lainnya. Apakah banyak terdapat debu menumpuk di sana? Hati-hati loh! Debu-debu tersebut dapat mendatangkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatanmu!

Nah kira-kira penyakit apa sajakah itu? Dan adakah cara untuk menghindarinya? Untuk mengetahui jawabannya, anda tidak usah khawatir. Di bawah ini kamu telah menyiapkan penjelasan detailnya khusus untuk anda. Selamat membaca!

Penyakit-Penyakit Yang Bisa Timbul Dari Debu

 

Penyakit Yang Bisa Timbul Dari Debu

Debu dalam rumah mengandung beberapa jenis racun seperti PAH, PCB, pestisida, dan lain sebagainya. Pada debu juga dapat menempel berbagai jenis virus dan bakteri. Baik racun, virus, maupun bakteri tersebut dapat membawa penyakit pada tubuh anda. Nah adapun beberapa penyakit tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA)

Debu sangat mudah masuk melalui sistem penafasan. Bila debu yang masuk tersebut sudah sangat banyak, maka anda bisa terserang Infeksi Saluran Napas Atas atau yang dikenal dengan singkatan ISPA. Selain itu lebih parahnya, debu dapat menimbulkan penyakit pneumonia, bronchitis, dan asma.

2. Ketidakseimbangan hormon

Debu dalam rumah biasanya telah tercampur dengan berbagai bahan kimia dari produk-produk rumah tangga, misalnya seperti produk pembersih, kosmetik, dan lain sebagainya. Debu yang telah terkontaminasi dengan zat kimia tersebut dapat membuat hormon tubuh anda menjadi tidak seimbang. Selain itu debu tersebut juga dapat mengganggu sistem kesuburan.

3. Mengganggu sistem saraf

Saking halus dan kecilnya debu, partikelnya bisa saja masuk ke dalam aliran darah. Jika sudah begini, bukan tak mungkin akan terjadi gangguan pada sistem saraf. Hal ini tentu berbahaya apalagi bila debu tersebut mengandung timbal neurotoksin yang berasal dari mainan anak ataupun cat dinding.

cara merawat karpet

Setelah mengetahui jenis-jenis penyakit yang dapat timbul dari debu, anda tidak boleh lagi mengganggap sepele keberadaan debu di ruang tamu rumah anda. Adapun sumber debu paling banyak adalah dari karpet. Untuk itu anda harus senantiasa selalu merawat karpet rumah anda agar terbebas dari debu. Nah adapun tips cara merawat karpet yang benar adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner

Agar terbebas dari debu, karpet harus dibersihkan setiap hari. Caranya anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan setiap pagi atau sore hari.

2. Cuci dengan rutin

Agar kotoran di karpet tidak banyak menumpuk, anda harus mencuci setidaknya minimal 2 kali dalam setahun. Cucilah pada waktu yang tepat, yakni saat musim panas. Sebab pada waktu ini proses pengeringan karpet akan lebih sempurna.

3. Ganti jenis karpet anda

Jika kotoran pada karpet lama anda sudah terlalu bandel untuk dibersihkan, inilah waktu untuk menggantinya dengan karpet baru. Dalam pemilihan karpet, sebaiknya anda pilih jenis tile. Selain perawatannya lebih mudah, harga karpet tile juga murah. Selain itu, karpet ini mudah dipasang dan awet hingga 17 tahun.

Sekian penjelasan mengenai penyakit yang berasal dari debu dan bagaimana upaya menghindarinya dengan membersihkan karpet dalam rumah. Semoga dengan membaca artikel bisa memberikan manfaat bagi anda.

Jangan ragu jika anda ingin membeli karpet tile baru. Anda bisa membelinya dengan mudah sebab harga karpet tile murah dan banyak dijual di toko karpet mana saja. Selamat mencari!

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *