Intip Desain Menarik Dari Pintu UPVC

Kecanggihan teknologi ternyata juga berdampak pada semakin banyaknya material di bidang konstrukksi. Salah satunya adalah material pembuatan pintu, jika dulu hanya ada kayu dan besi kini ada yang namanya Unplasticized Poly Vinyl Chloride(UPVC) yang merupakan seri terbaru PVC dengan kekuatan lebih dan ketahanan terhadap cuaca ekstrim. Seperti apa desain pintu UPVC ini?

Desain Menarik Dari Pintu UPVC

Dari Desain Klasik Hingga Kolaborasi Kaca

Ada beberapa desain pintu UPVC yang sering dipilih pada berbagai hunian, hal ini karena fleksibilitas UPVC membuatnya bisa dibuat jadi berbagai bentuk dan jenis pintu. Enam dintaranya  bisa jadi referensi bagi Anda, tapi satu hal yang perlu diingat adalah kesesuaian antara desain pintu dengan konsep rumah Anda.

1. Single Classic Door

Adalah pintu dengan desain seperti pintu kayu zaman dulu, hanya terdiri dari satu bagian. bagian depan pintu dibuat ukiran tegas seperti pahatan kayu, bisa juga dibuat dengan motif yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna dengan dinding dan kusen jendela dan pintu sehingga menjadi satu kesatuan. Biasanya desain ini dipakai untuk rumah dengan konsep klasik.

2. Double Classic Door

Perumahan mewah biasanya menggunakan desain ini, karena kesan mewahnya sangat terasa. Anda juga bisa menggunakan jenis pintu berbahan UPVC untuk merealisasikannya. Pintu terbagi atas dua dan gagang terletak di bagian tengah yang memisahkan dua bagian tersebut. UPVC juga sangat cocok diaplikasikan untuk desain ini, apalagi banyak motif dan pilihan warnanya sangat lengkap

3. Sliding Door

Siapa bilang pintu geser tak bisa pakai UPVC? Desain pintu geser yang biasanya hanya cocok untuk pintu kaca atau kayu, kini bisa Anda wujudkan dengan bahan UPVC. Kekuatan dan kesan ala Jepang yang ditonjolkan mampu memberikan aura beda pada rumah. salah satunya untuk desai pintu pembatas ruang tamu dan ruang keluarga, atau ruang makan dengan ruang tamu.

4. Folding Door

Desain pintu lipat memang butuh bahan yang kuat, untungnya pintu berbahan UPVC sudah terkenal kekuatannya, jadi jika Anda ingin memakai desain pintu lipat pada ruang keluarga atau kamar mandi bisa menggunakan UPVC, tinggal memastikan berapa lipatan pintu yang diinginkan, motifnya seperti apa dan tentu warna yang sesuai.

5. Railing Door

Pintu dengan menggunakan rel memang lebih sering digunakan pada bangunan kantor, tapi jika Anda ingin desain pintu ini di bagian garasi, pintu pembatas ruang keluarga dan ruang makan juga tak masalah. Tinggal memastikan saja rel yang digunakan memiliki mutu bagus untuk menopang pintu UPVC Anda.

6. Glass Door

Anda ingin rumah minimalis terlihat lebih luas dan mewah, menggunakan perpaduan UPVC dan kaca pada pintu akan membuatnya terlihat sempurna. Gunakan desain kaca besar dengan bagian pembatas pintu berbahan UPVC, atau bisa juga memakai kaca pada bagian atas pintu yang berpadu UPVC pada bagian bawah dan kusen pintu.

Kolaborasi pintu UPVC dan kaca ini bisa Anda gunakan pada pintu utama rumah, atau pintu samping. Bisa juga untuk pintu ruang keluarga, dengan memilih jenis kaca fiberglass yang memberikan privasi lebih dari jenis kaca lain. Atau bisa juga kaca cermin satu arah yang tak bisa dilihat oleh orang di bagian luar pintu tersebut.

Desain di atas merupakan rekomendasi banyak arsitek terutama untuk diterapkan pada rumah minimalis hingga modern dengan berbagai konsep. Sebab pintu UPVC sangat fleksibel dalam hal desain, motif dan warna, sehingga Anda bisa memiliki pintu rumah atau kantor yang sempurna.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *