Cara Efektif Agar Kayu Bisa Jadi Lebih Kuat dengan Mengawetkannya

Sering kali, kayu yang sudah dipotong dan diolah menjadi siap pakai, tidak langsung digunakan untuk membuat mebel ataupun membangun rumah. Selain itu, kayu juga bisa dimanfaatkan sebagai lantai parket kayu untuk mempercantik rumah anda. Kayu perlu diawetkan supaya semakin kuat dan tidak mudah keropos. Semakin lama kayu didiamkan, ada yang lebih kuat, ada yang justru jadi lapuk dan tidak bisa dipakai lagi. Kalau kayu jati, tentu semakin lama usianya maka semakin kuat, namun bagaimana dengan jenis kayu lainnya? apakah sama dengan jati yang lebih kuat jika usianya semakin tua? Tentu tidak, ada banyak jenis kayu yang jika dalam jangka waktu lama dibiarkan begitu saja akan mengalami kerusakan, sehingga, melakukan upaya-upaya supaya kayu jadi lebih awet harus dilakukan.

Cara Agar Kayu Menjadi Lebih Kuat

Kayu sebagai bahan utama membuat mebel atau bangunan rumah, harus dipilih yang kuat dan berkualitas, sehingga anda harus benar-benar jeli menentukan kayu terbaik yang bisa dipakai untuk menghasilkan mebel dan bangunan yang berkualitas. Beberapa tips ini bisa dipraktikan supaya kayu menjadi lebih kuat dan tahan lama, yaitu terdiri dari cara tradisional dan modern.

Menghasilkan Kayu Kuat dengan Teknik Tradisional

Membuat kayu lebih kuat dengan cara tradisional, banyak dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu dengan melakukan teknik perendaman dan pelapisan. Namun masih banyak juga, masyarakat zaman sekarang yang berkecimpung di dunia kayu masih menggunakan teknik perendaman dan pelapisan. Kedia teknik ini cukup mudah dilakukan. Untuk merendam kayu, biasanya dilakukan di sungai ataupun kubangan besar berisi air.

Teknik merendam kayu di dalam air menjadi upaya paling murah yang bisa dilakukan pelaku industri kayu. Dengan teknik ini, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, namun kayu bisa lebih kuat. Dengan kayu yang kuat dan biaya pengawetan yang murah, maka pengusaha kayu bisa menghasilkan lantai parket murah untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Selain menggunakan cara direndam, kayu diberi pelapis khusus agar semakin kuat dan tidak mudah keropos. Pelapis yang digunakan berupa minyak, solar, cat, oli ataupun cairan lainnya. Cara ini juga sangat murah karena bahan-bahan yang digunakan bisa memakai cairan bekas, tidak harus baru. Akan tetapi, dalam teknik pelapisan ada sisi kelemahannya yaitu cairan akan luntur jika dioleskan berkali-kali pada kayu. Cairan juga akan cepat luntur jika terkena air karena cairan tidak bisa diserap oleh kayu. Selain itu, dengan cara ini, kayu tidak sepenuhnya bisa kuat karena masih bisa dihinggapi jamur dan rayap.

Membuat Kayu Lebih Kuat dengan Cara Modern

Semakin canggihnya perkembangan zaman, teknik pengawetan kayu supaya lebih kuat juga mengikuti perkembangan yang lebih modern. Teknik vacuum bisa menjadi alternatif yang efektif untuk membuat kayu lebih kuat. Cara ini juga sangat baik dari teknik lainnya karena kayu akan lebih baik lagi hasilnya. Kayu yang basah sekalipun bisa dikeringkan melalui cara ini. Kayu dimasukkan ke dalam tangki khusus yang sudah disiapkan kemudian diberi cairan tertentu. Proses pemvakuman dilakukan kurang lebih 10 menit agar kandungan zat pada cairan yang sudah dituang dalam tangki berisi kayu, bisa merata secara maksimal. Namun yang menjadi kekurangan dari teknik ini yakni biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

Karya Indah dari Kayu Berkualitas

Berbagai karya bisa dihasilkan dari kayu yang berkualitas bagus, salah satunya adalah lantai parket murah. Beberapa mebel yang harganya bersaing juga dibuat dari bahan baku kayu yang unggulan. Dari pengawetan kayu supaya bisa menjadi kayu kuat dan terbaik memang perlu pengolahan yang cukup rumit, maka dari itu jika harga mebel ataupun parket cukup mahal, anda harus memahaminya.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *