Building Automation System, Sistem Gedung Yang Bekerja Secara Otomatis

Dalam sebuah gedung yang digunakan sebagai kantor ataupun prasarana umum, tentu saja terdapat banyak sekali fasilitas yang ada seperti AC, toilet, penerangan dan lain sebagainya yang tentu saja tidak akan digunakan setelah gedung tutup atau pun para pekerja sudah pulang. Pernahkah Anda berpikir siapakah yang mematikan sistem-sistem tersebut? Nah, disinilah Anda akan mendengar automatic sistem gedung atau biasa dikenal sebagai Building Automation System (BAS). BAS adalah sebuah pemograman, komputerisasi serta intelegent network dari sebuah perangkat elektronik yang akan mengontrol dam memonitorisasi sistem pada gedung.

 

Bulding Automation System ini sendiri akan mengoptimalkan sistem HVAC dan sistem alarm pada sebuah gedung, di mana sistem ini akan menghidupkan dan mematikan beberapa sistem seperti penerangan, AC, pompa air dan sebagainya secara otomatis. Pemasangan BAS ini perlu kerja sama dengan kontraktor listrik yang handal agar dapat membuat sistem berjalan dengan baik dan maksimal. Penggunaan BAS pada gedung ini tentu saja akan membantu meminimalisir pekerjaan pengelola gedung serta menghemat anggaran. Dalam BAS ini tentu saja ada beberapa bagian yang termasuk di dalamnya agar sistem otomatis berjalan dengan lancar.

Bagian Yang Ada Pada Building Automation System

Bagian-bagian yang ada pada BAS ini saling berkesinambungan satu sama lain yang tentu saja bertujuan agar fasilitas gedung yang berhubungan dengan sistem ini dapat berjalan dengan lancar dan juga benar. Perlu adanya campur tangan dari kontraktor mekanikal elektrikal untuk membuat sistem ini terpasang di semua bagian gedung. Berikut ini adalah bagian yang ada di dalam BAS :

1. Occupancy sensor

Sensor ini sendiri bertujuan untuk dapat mengawasi semua gedung, di mana jadwalnya sudah diatur sesuai dengan waktu yang biasanya digunakan pada saat beroperasi. Biasanya sensor ini bekerja untuk melihat semua kegiatan yang ada pada internal gedung, di mana Anda harus mendapatkan kontraktor mekanikal listrik yang handal.

2. Controller

Controller biasanya akan berhubungan dengan satu atau lebih PLC atau Programmable Logic Controllers. PLC ini sendiri akan bekerja dengan menggunakan sebuah pemograman khusus dan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol peralatan yang ada di dalam gedung, seperti lift, tangga berjalan dan lain sebagainya.

3. Lighting

Lighting atau pencahayaan yang akan mengatur waktu mati dan hidup pada lampu. Biasanya sistem pencahayaan dalam BAS ini akan diatur sesuai dengan jadwal harian ataupun waktu tertentu dengan menggunakan sistem sensor. Untuk pemasangan ini Anda dapat menghubungi kontraktor listrik, di mana Anda dapat meminta membuat sebuah sensor yang dapat mematikan lampu ketika orang terakhir keluar dari sebuah ruangan dalam waktu tertentu misalnya setengah jam setelah orang tersebut meninggalkan ruangan. Hal ini tentu dapat menghemat anggaran dengan lebih maksimal.

4. Air Handler

Bagian pada BAS yang satu ini akan mengatur keluar masuknya udara dalam sebuah gedung. Pengaturan ini sendiri ditujukan agar udara tetap dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan manusia yang ada di dalam gedung. Pengaturan air handler ini sendiri berhubungan dengan kontraktor HVAC yang akan mengatur ketersediaan udara pada ruangan-ruangan yang ada pada gedung.

5. Central Plant

Bagian ini berfungsi untuk mengatur ketersediaan udara pada air handler yang tentu saja sangat penting agar udara dapat tersebar dengan jumlah yang cukup.

6. Alarms dan Secuirty

Pada bagian dari Building Automation System ini sendiri bertujuan untuk mengatur sensor pada gedung, di mana akan direalisasikan dalam bentuk suara alarm, pager atau komputer untuk memberitahukan sesuatu. Biasanya jika terdapat occupancy sensor, maka ditujukan untuk membuat sebuah peringatan seperti alarm kebakaran ataupun pencuri.

Itu adalah gambaran umum tentang automatic sistem gedung yang dapat dikatakan sangat penting dan juga memiliki manfaat yang banyak. Untuk memasang atau menginstalasi sistem ini perlu adanya kerjasama dengan kontraktor listrik, mekanikal eletrik dan juga HVAC.

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *