Bedah Tuntas Seputar Sejarah Gaya Industrial Hanya di Sini

Gaya industrial menjadi salah satu jenis gaya interior yang banyak diminati akhir-akhir ini. Dapat dikatakan ia termasuk gaya interior yang cukup meledak di pasaran. Sejarah gaya industrial sebenarnya cukup panjang.

Mungkin banyak yang penasaran bagaimana sampai gaya industrial ini hadir dan banyak digunakan saat ini. Seputar sejarah gaya industrial akan dibahas lebih lengkap di bawah ini. Namun, sebelum itu lebih dulu akan dibahas mengenai apa itu gaya industrial untuk memberi pemahaman bagi yang belum mengerti tentang gaya industrial.

Apa Itu Gaya Industrial?

Gaya industrial merupakan salah satu gaya interior yang terinspirasi dari bangunan-bangunan pabrik industri yang ada di negara barat. Untuk itu biasanya ada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh gaya interior yang satu ini. Berbagai ciri tersebut menjadi ciri utama dari gaya industri. Ada ciri apa saja? Inilah beberapa di antaranya.

  • Tema industrial biasanya hadir dengan tema warna-warna monokromatik. Kehadiran warna ini untuk menambah kesan maksulin. Ini karena umumnya pabrik-pabrik di dominasi pekerja pria dan memiliki ‘tampilan’ yang cenderung maskulin. Hal ini hadir dari berbagai interior yang dipilih, misalkan pengaplikasian karpet roll dengan warna abu-abu dan masih banyak lagi.
  • Bahan-bahan yang digunakan di ruangan dengan tema gaya industrial adalah bahan-bahan daur ulang. Meski hadir dari barang industrial, namun ini justru menimbulkan kesan unik dan menarik yang tidak dapat ditemukan dari desain interior lain.
  • Selain menggunakan barang-barang daur ulang, biasanya ada elemen khusus yang hadir di dalam tema industrial. Elemen yang dimaksud adalah besi, kaca bahkan alumunium. Ini karena elemen-elemen tersebut biasanya ada di dalam pabrik.
  • Tak hanya itu, hadir juga ciri lain yaitu pada bagian struktur atap. Dimana pada struktur atapnya tampil apa adanya. Bahkan seringkali terlihat tidak tidak di finishing (unfinishing).

Seputar Sejarah Gaya Industrial

Sejarah gaya industrial hadir cukup lama, tepatnya pada tahun 1950-an. Pada tahun ini di Eropa ada banyak bangunan dari bekas pabrik yang terlantar serta tidak digunakan. Berbagai bangunan ini rupanya kemudian banyak dimanfaatkan kembali untuk dijadikan tempat hunian.

Pemanfaatan kembali bangunan ini sebagai hunian, untuk mencegah pabrik-pabrik tersebut menjadi terbengkalai. Namun, tentu saja proses menyulap bekas pabrik menjadi rumah hunian bukan suatu hal yang mudah. Diperlukan penyesuaian yang tepat untuk memastikan bekas pabrik tersebut dapat disulap menjadi hunian yang nyaman.

Akhirnya hadir beberapa perubahan yang terjadi terhadap bangunan pabrik. Dalam prosesnya, ada banyak yang kemudian tetap mempertahankan karakter utama yang dimiliki bangunan. Hal ini kemudian menjawab kehadiran kesan industri yang kuat pada rumah-rumah bekas pabrik tersebut.

Baca juga: Ingin Kamar Tidurmu Senyaman Interior Motel? Cari Tahu Caranya Yuk!

Hal tersebut juga turut menjawab mengapa ada banyak desain interior industrial menyertakan barang daur ulang pada interiornya. Pasalnya penghuni rumah hunian yang berasal dari bekas pabrik tersebut banyak memanfaatkan barang-barang yang ada di sana untuk diubah kembali menjadi interior yang bermanfaat.

Jadi jangan heran jika kemudian menemukan interior dari bekas pipa atau bahkan tempat duduk dari tong di sini. Hal tersebut bahkan berkembang menjadi ciri khas interior industrial saat ini.

Seiring berjalannya waktu kemudian desain interior industrial rupanya dianggap memiliki ciri khas tersendiri dan kemudian banyak diminati. Sampai akhirnya banyak menyebar di berbagai belahan dunia yang lain.

Mungkin banyak yang mengira desain interior tidak terlalu nyaman untuk diterapkan. Padahal ada banyak cara untuk menghadirkan desain interior industrial yang nyaman. Mulai dari hal simpel seperti memberikan kursi paling nyaman di ruangan. Bahkan kenyamanan dapat diperoleh dari aplikasi karpet roll yang tepat di dalam ruangan.

Banyak pilihan karpet yang dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan desain interior. Harga pun tidak perlu jadi masalah, karena ada banyak karpet roll murah yang dapat ditemukan di pasaran. Jadi sudah siap menghadirkan ruangan industrial yang nyaman?

Superhero
Superhero

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *